header

4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri


Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Nah, obat sariawan alami kerap digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi keluhan sariawan yang mengganggu. Apa saja yang dimaksud dengan obat sariawan alami? Yuk, ketahui jawabannya dalam artikel berikut ini.

Penyebab munculnya sariawan hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih berisiko muncul jika Anda sedang stres, akibat infeksi virus atau jamur, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin dan mineral.

4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri - Alodokter
Tak hanya itu, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon, siklus menstruasi, cedera pada lidah atau dinding mulut akibat tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Obat Sariawan Alami
Kadang sariawan bisa menetap di mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka. Namun, sariawan biasanya akan hilang dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari.

Bila Anda tidak tahan menunggu selama 2 minggu, obat sariawan alami berikut ini bisa menjadi pilihan:

1. Kumur dengan larutan garam
Meski terasa sakit, berkumur dengan larutan garam atau larutan baking soda dapat membantu mengeringkan sariawan.

Anda dapat mencampur 1 sendok teh garam atau 1 sendok teh baking soda dengan 200 ml air hangat, kemudian berkumur dengan larutan ini selama 15–30 detik. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

2. Minum banyak air
Minum banyak air, terutama air dingin dapat membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Selain minum air dingin, Anda juga bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di atas sariawan hingga meleleh sebagai obat sariawan alami.

3. Oleskan magnesium hidroksida
Magnesium hidroksida merupakan antasida yang biasa digunakan bersamaan dengan aluminium hidroksida untuk meredakan gangguan pencernaan seperti asam lambung. Zat ini terdapat pada obat maag cair.

Selain mengobati gangguan pencernaan, magnesium hidroksida juga bisa digunakan sebagai obat sariawan. Zat ini dapat menurunkan tingkat keasaman di mulut sehingga sariawan tidak bisa berkembang, mencegah iritasi, dan mengurangi rasa sakit.

Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari untuk mengobati keluhan sariawan Anda.

4. Konsumsi makanan bergizi
Obat sariawan alami selanjutnya adalah mengonsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C, vitamin B, folat, zinc, dan zat besi. Kekurangan berbagai nutrisi tersebut bisa memicu timbulnya sariawan.

Bila perlu, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks dipercaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Agar Sariawan Tidak Makin Parah
Selain obat sariawan alami di atas, Anda dapat melakukan hal-hal berikut agar sariawan tidak makin parah, di antaranya:

Rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.
Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi dan nyeri lebih lanjut.
Sikat gigi Anda secara perlahan serta gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas detergen.
Konsumsi makanan lunak yang mudah ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling, atau dihaluskan.
Hindari makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat melukai sariawan, minuman bersoda atau beralkohol, rokok, serta makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.
Berkumur dengan mouthwash atau obat kumur yang tidak mengandung alkohol.
Jangan menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar.
Jika mulut benar-benar terasa sakit, gunakan sedotan jika ingin minum.
Berhenti merokok.
Jika obat sariawan alami dan berbagai cara di atas tidak membuat sariawan sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.

Apalagi jika luka sariawan semakin membesar, menyebar, berlangsung selama 3 minggu atau lebih, dan terasa sangat sakit walau sudah menelan obat antinyeri. Konsultasikan juga ke dokter jika Anda merasa kesulitan untuk minum atau menderita demam tinggi ketika sariawan.

Memang banyak obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan, namun mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Jagalah selalu kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari agar sariawan tidak datang lagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel